4 Teknologi Mutakhir di Piala Dunia 2022, Bisa Pantau Pemain Lewat HP

Telset.id – Piala Dunia 2022 memakai bermacam teknologi canggih dan dipakai sepanjang pertandingan. Paling tidak ada 4 teknologi mutahir yang dipakai sepanjang Piala Dunia 2022, yang diselenggarakan di Qatar sejak 20 November 2022 sampai 18 Desember 2022.

Seperti diketahui bahwa teknologi mutahir telah banyak dipakai di bermacam pertandingan berolahraga. Umpamanya saja saat Olimpiade Tokyo 2020 dimana ada 6 teknologi mutahir yang dipakai, untuk cabang berolahraga atletik, panahan hingga panjat tebing.

Ada juga tujuan pemanfaatan teknologi mutahir untuk membantu wasit, dalam memantau pertandingan agar pertandingan bisa berjalan secara adil, dan wasit tidak salah dalam mengambil keputusan.

Saat ini di ajang FIFA World Cup Qatar 2022 ataupun Piala Dunia 2022, adopsi teknologi mutahir kembali dilakukan. Jumlah ada 4 teknologi yang dipakai untuk mendukung Piala Dunia 2022, dan selanjutnya ulasan lengkapnya untuk Anda:

BACA JUGA:

1. Bola Mutakhir Al Rihla

Bola Canggih Al Rihla

Perusahaan berolahraga Jerman, Adidas meluncurkan bola bernama Al Rihla yang menjadi bola resmi di ajang Piala Dunia 2022. Nama Al Rihla sendiri diambil dari Bahasa Arab yang berarti “Darmawisata,” dan dapat gagasan oleh kebudayaan masyarakat Qatar.

Bola Al Rihla dibesarkan di laboratorium Adidas, dan telah melakuan pengujian yang ketat. Tak cuma itu, bola Al Rihla juga ramah lingkungan, karena ini menjadi  bola Piala Dunia FIFA pertama yang dibuat secara eksklusif dengan tinta dan lem berbasis air.

Selagi, di dalam bola terdapat sensor Inertial Measurement Unit yang akan mencatat jumlah tendangan dan posisi pemain sepanjang pertandingan. Lalu data yang terletak di dalam bola, akan digabungkan dengan data dari 12 kamera yang merekam pertandingan.

Jadi, tidak hanya memakai bola mutahir FIFA juga menggunakan 12 kamera yang ditempatkan di bermacam sudut stadion. Kamera itu tugasnya bukan untuk menyiarkan pertandingan di tv. Malahan, untuk merekam pergerakan dan performa masing-masing pemain.

Data dari bola Al Rihla dan jaringan 12 kamera, bisa dipakai oleh wasit dan pelatih untuk menjadi bumbu penilaian ke pemain.

BACA JUGA: 

2. Teknologi SOAT untuk Pantau Offside

Teknologi Canggih Piala Dunia 2022

Teknologi Video Assistant Referee (VAR), telah banyak dipakai di Liga Champions Eropa, Serie A Italia, La Liga Spanyol, sampai Bundesliga Jerman. Namun, khusus di Piala Dunia 2022, berlangsung kenaikan akurasi di teknologi mutahir ini.

Teknologi yang diartikan ialah Semi-Automated Offside Technology (SOAT). Sistem baru ini memiliki 12 kamera stadion yang akan melacak posisi bola dan setiap pemain orang, terhitung 29 titik data yang berbeda pada anggota badan dan ekstremitas setiap pemain.

SOAT juga akan tersambung dengan bola Al Rihla, yang bisa merekam pergerakan pemain. Hasilnya sistem VAR terkini ini sanggup menciptakan keputusan offside di pertandingan sepak bola dengan lebih kilat dari yang awal mulanya 70 detik menjadi 25 detik.

SOAT akan secara otomatis memutuskan garis offside dan titik tendangan dalam hitungan detik, memakai data dari bola dan data pelacakan anggota tubuh dari kamera.

3. FIFA Player App

Teknologi Canggih Sepak Bola Piala Dunia

Terakhir ada FIFA Player App. Teknologi mutahir di ajang Piala Dunia 2022, sepintas wujudnya  seperti aplikasi pada lazimnya yang bisa diunduh di Android dan iOS. Hanya saja aplikasi ini tak cuma menunjukkan jadwal pertandingan saja.

Melalui FIFA Player App, pengguna sanggup memantau data setiap pemain untuk memandang macam apa kinerja mereka di lapangan sehabis pertandingan.

4. Pasang 15.000 Kamera dengan Face Recognition 

Kamera Face Recognition Piala Dunia 2022

Keamanan menjadi satu dari keseluruhan aspek yang dicermati oleh Qatar selaku tuan rumah. Makanya, panitia Piala Dunia 2022 berkolaborasi dengan kepolisian memasang 15.000 dengan pengenalan muka ataupun face recognition yang tersebar di semua stadion yang dipakai untuk pertandingan.

Semua data di dalam kamera akan mengirim info ke pusat pengintaian untuk mencari bisa jadi pelakon tindak kriminal, serta untuk menghindari serbuan teroris.

BACA JUGA:

Keempat teknologi mutahir di Piala Dunia 2022, akan membuat pertandingan semakin seru dan semoga saja sanggup kurangi bermacam keputusan kontroversial yang dilakukan oleh wasit.

https://en.as.com/meristation_en/2022/11/19/news/1668888009_438076.html

Source link

Leave a Comment