Begini Tampang Prototipe HP Lipat Xiaomi yang Batal Terbitkan

Telset.id, Jakarta – Sejak 2019 lalu, Xiaomi sudah mempersiapkan ponsel lipat dengan model lipat keluar, mirip seri Huawei Mate X. Walaupun akhirnya tidak meluncurkannya, namun baru-baru tersebar photo yang memperlihatkan prototipe dari ponsel lipat Xiaomi tersebut.

Kalau Anda masih ingat pada tahun 2019, Xiaomi sudah mengajukan paten dengan CNIPA untuk ponsel lipat model keluar yang menyamai feature lipat seri Huawei Mate X.

Lebih dari 3 tahun setelah itu, pengembang Kuba Wojciechowski (@Za_Raczke) membagikan beberapa bocoran gambar dari feature tersebut, yang bahwasanya nampak sudah mencapai tahap prototipe.

BACA JUGA:

Bila menatap gambar bocorannya, seperti Telset kutip dari GSM Arena, kelihatan feature prototipe ini memang mirip seperti desain dasar dari gambar paten yang diajukan Xiaomi pada tahun 2019 lalu.

Piranti ini memiliki keseluruhan 4 sensor kamera dengan lampu kilat LED, dan tombol untuk membuka kunci layar di bagian punggungnya. Photo ini juga memperlihatkan bagian dalam ponsel yang menunjukkan sel baterai ganda dengan kapasitas 3.500 mAh.

Sebelumnya juga sudah terkonfirmasi bahwa ponsel lipat Xiaomi itu rencananya akan ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 855 dan modem X50 untuk sokongan 5G.

Wojciechowski mengatakan gambar yang ia bisa ini “sangat rahasia” dan sangat sedikit unit yang diumumkan. Ada asumsi bahwa daya tahan yaitu permasalahan yang mungkin masih harus disempurnakan dalam desain ekstrem smartphone keluaran masa depan itu.

Seperti kita tahu, feature ini tidak pernah dirilis secara komersial, karena Xiaomi akhirnya memilah ponsel lipat dengan model pelipatan ke dalam, bukan ke luar, untuk ponsel Mi Mix Fold.

Masih belum jelas apakah ponsel lipat dengan model desain lipat keluar ini menjelma bagaikan realisasikan Xiaomi di masa depan ataupun tidak. Lantaran, perusahaan asal Cina itu harus menyempurkanannya dulu sebelum dirilis secara komersial.

Sebelumnya, Xiaomi resmi meluncurkan Xiaomi Mix Fold 2 di Cina. Smartphone lipat Xiaomi generasi kedua ini mengusung chipset Snapdragon 8+ Gen 1 dan lensa kamera Leica.

Xiaomi Mix Fold 2 muncul dengan desain panel belakang yang berbeda ketimbang pendahulunya. Mix Fold 2 memiliki ketebalan 5.4 milimeter saat dibuka dan 11.2 milimeter kala dilipat, dengan bobot sekitar 262 gr.

Layar luar Mix Fold 2 memiliki panel Samsung E5 AMOLED 6,5 inci beresolusi FHD+ dan refresh rate 120Hz, yang dilindungi dengan Corning Gorilla Glass Victus. Lainnya layar dalam ataupun bagian dalamnya mengenakan Eco OLED bagian dalamnya berdimensi 8,2 inci yang menawarkan resolusi 2,5K dan kecepatan refresh 120Hz.

BACA JUGA:

Layar bidang dalamnya juga dilengkapi kaca ultra-tipis dan kamera under-display. Baik layar bagian dalamnya ataupun bidang luar mendukung Dolby Vision, kecerahan puncak 1.000 nits, dan TrueColour.

Di bawah kap mesin, Xiaomi Mix Fold 2 dibekali dengan spesifikasi prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 yang dipadukan dengan RAM 12 GB dan penyimpanan 256 GB, 512 GB dan 1 TB.

HP terbaru Xiaomi ini didukung oleh unit baterai berkapasitas 4.500 mAh dengan sokongan fast charging 67W. Dari segi feature lunak, ini berjalan pada Android 12 berbasis MIUI 13. [SN/HBS]

Source link

Leave a Comment